KI - KD Bahasa Jawa Kelas XI
KI - KD MAPEL BAHASA JAWA KELAS XI
Kelas XI/1
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Pocung .
1.2 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks novel .
1.3 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks sesorah.
1.4 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks eksposisi tentang adat Jawa misalnya mantu.
1.5 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks empat paragraf aksara Jawa.
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Pocung .
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks novel
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks sesorah
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks eksposisi tentang adat Jawa (mantu).
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks empat paragraf aksara Jawa .
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Menelaah
teks Serat Wedhatama pupuh Pocung.
3.2 Memahami
isi petikan teks novel berbahasa Jawa.
3.3 Menelaah
teks sesorah.
3.4 Memahami
isi teks eksposisi tentang adat tradisi mantu.
3.5
Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan
aksara rekan.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda
sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1 Menanggapi
isi serat Wedhatama pupuh Pocung dan menulis serta menyajikan syair tembang
Pocung.
4.2
Menceritakan isi petikan novel berbahasa Jawa.
4.3
Menanggapi, menulis, menyajikan teks sesorah.
4.4 Menanggapi
isi dan menulis teks eksposisi tentang adat tradisi mantu.
4.5 Menulis
dan menyajikan empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara
rekan.
|
Kelas XI/2
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
1.2 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks crita rakyat daerah setempat.
1.3 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks dengaran iklan berbahasa Jawa.
1.4 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks eksposisi tentang seni pertunjukan Jawa.
1.5 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks empat paragraf aksara Jawa.
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks crita rakyat daerah setempat.
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks dengaran iklan berbahasa Jawa.
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks eksposisi tentang seni
pertunjukan
Jawa.
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks empat paragraf aksara Jawa.
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Menelaah
teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
3.2 Memahami
isi teks crita rakyat.
3.3 Menelaah
teks iklan berbahasa Jawa.
3.4 Menelaah
teks eksposisi tentang seni pertunjukan Jawa.
3.5
Mengidentifikasi kaidah penulisan empat paragraf berhuruf Jawa yang menggunakan
aksara murda.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
4.1 Menanggapi
isi Serat Wedhatama pupuh Gambuh dan menulis serta menyajikan tembang
Gambuh dengan bahasa sendiri.
4.2 Menulis
dan menyajikan sinopsis teks cerita rakyat.
4.3 Menulis
teks iklan berbahasa Jawa.
4.4 Menanggapi
isi, menulis, dan menyajikan teks eksposisi tentang senipertunjukan Jawa.
4.5 Menulis
empat paragraf berhuruf Jawa yang menggunakan aksara murda.
|
Komentar
Posting Komentar